Mockingjay: Bagian 2: Sebuah Timbangan Film

— By Christopher Linnan —

Indonesiaful traditionally only publishes articles in English, but in the interests of cross-cultural communication and exchange we are posting our first-ever article written in Indonesian. This is a short film review of Mockingjay: Part 2, but if this is successful we will try to post longer pieces in Indonesian. I would like to offer my deepest apologies for any language or grammatical mistakes and special thanks to my Indonesian editor Ms. Euis. All mistakes are my own. Mohon maaf, saya masih belajar Bahasa Indonesia.

Pertimbangan mengenai Spoilers- Cerita Mockingjay: Bagain 2 film ketiga dari series Hunger Games dan kisah tentang Katniss Everdeen (Jennifer Lawarence) dan perang antara Presiden Snow (Donald Sutherland), Rebels dan Ms. Coin (pemimpin Distric 13) (Julianne Moore). Filmnya seperti film aksi kebanyakan karena ada banyak ledakan, drama, dan cerita cinta yang rumit, tapi ada sedikit perbedaan. Dalam buku dan film Amerika yang terkenal secara normal terdapat orang jahat dan orang baik. Sangat jarang memiliki ambigu dan kalaupun ada hanya sedikit konflik yang terjadi. Misalnya di dalam series Star Wars ada Jedi dan Sith, dalam Harry Potter ada pendukung Voldemort dan pendukung Albus Dumbledore, atau dalam Batman ada Batman dan penjahat. Terkadang orang tertukar keberpihakannya dari orang baik ke orang jahat atau sebaliknya, tapi secara normal orang akan mendukung yang baik daripada yang jahat.

Namun di dalam series Hunger Games dan terutama di Mockingjay: Bagian 2 ada perbedaan. Masih ada dua pihak, dan tentu saja pendukung Presiden Snow dan pendukung Katniss. Tapi pendukung pihak lain mempunyai banyak orang jahat juga. Pemimpin District 13 Ms. Coin bilang bahwa orang di Panem harus merobohkan Capitol, tapi sama seperti Presiden Snow, dia hanya mau kekuasaan. Sekarang pun Ms. Coin meninggal tidak begitu jelas alasannya. Karena masih Gamemaster Plutarch (Philip Seymour Hoffman) yang mempunyai kekuasaan, tapi Katniss dan Peeta (Josh Hutcherson) masih memukan perdamaian dalam hidup mereka.

Sebenarnya film Mockingjay: Bagian 2 terlalu banyak drama dan sangat sedikit aksi berkelahi. Karena film ini ingin menjelaskan bahwa perang itu tidak baik. Tapi karakter Gale (Liam Hemsworth) di film ini kurang lengkap. Film ini lebih focus pada cerita cinta Peeta Mellark (dan Katniss Everdeen, sehingga karakter lain menjadi kurang lengkap). Ada banyak berbedaan dari buku dan filmnya yang menyumbang ke phenomenon ini juga. Misalnya ketika Finnick (Sam Claflin) meninggal, di buku Finnick meninggal karena mengorbankan dirinya sendiri, tapi dif ilm Finnick meninggal ketika dia mau melarikan diri mutasi-mutasi dan Katniss menjadi pahlawan karena dia menjatuhkan bom ke mutasi-mutasi, supaya Finnick bisa meniggal lebih cepat dan membunuh mutasi-mutasi. Kita tidak banyak tahu tentang Gale, presiden baru Paylor, dan lain-lain, cerita di film hanya fokus pada cerita cinta Katniss dan Peeta.

Mockingjay: Bagian 2 tidak begitu sempurna, tapi ada kesimpulan yang baik untuk series populer ini. Sesudah banyak kematian dan pekerjaan yang hilang masih ada akhir yang baik. Barangkali film ini tidak menjadi filmnya paling bagus atau terkenal, tapi kita akan selalu ingat perjalan Katniss Everdeen dan karakter lain di series ini.

Penilaian- 3.5 bintang daripada 5 bintang.

Christopher Linnan bekerja sebagai Fulbright English Teaching Assistant (ETA) yang tinggal di Medan, Sumatera Utara di SMA Unggulan CT Foundation. Tahun lalu dia mengajar di SMAN 2 di Palangkaraya di Kalimantan Tengah. Dia lalus daripada Universitas Emory di Mai 2014 dan suka olahraga, makan manisan, dan memecahkan Kubus Rubik dia.

Advertisements

2 thoughts on “Mockingjay: Bagian 2: Sebuah Timbangan Film

  1. Pingback: Star Wars: The Force Awakens: Sebuah Timbangan Film | Indonesiaful.com

  2. Pingback: Buaya Kembar | Indonesiaful.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s